Pemdes Rowokangkung Lumajang Bekali Peternak Membuat Pakan Sapi Efektif

Saat Pembekalan berlangsung

Lumajang (suatasatunews.com)
Pemerintah Desa Rowokangkung Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan pelatihan kepada para warga khususnya peternak sapi dalam pembuatan pakan dengan cara yang lebih efektif, Selasa (30/10/2018).

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di balai desa setempat ini, dihadiri oleh beberapa perwakilan Staf DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten setempat, unsur Forkopimka dan unsur Pemerintah Desa serta beberapa perwakilan dari warga dari berbagai wilayah dusun yang ada di desa Rowokangkung. 

Menurut Ahmad Subianto, perwakilan DPMD kabupaten yang memberikan materi dalam kegiatan tersebut mengatakan, wilayah desa Rowokangkung merupakan daerah yang memiliki potensi untuk dapat maju dan berkembang.
Kata dia, mayoritas warga yang berprofesi sebagai petani juga memiliki usaha ternak sapi sebagai alternatif sampingan karena keduanya bisa dilakukan secara bersamaan.

"Melihat potensi yang keduanya sama-sama dapat dikembangkan tersebut, pemerintah berupaya memberikan terobosan dengan memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak sapi maupun kambing  dengan beberapa bahan alami seperti jerami, kulit kedelai, gedebog pisang, katul,  ampas tahu,  dicampur dengan tetes tebu dan Bio Power sebagai media untuk fermentasi," terang Subiyanto. 

Ia berharap, dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan saat ini, bisa meringankan beban warga dalam mencari pakan ternaknya, karena waktu yang digunakan untuk membuat pakan alternatif relatif lebih ringan, dilakukan dengan mudah dan pakanpun bisa dibuat dalam jumlah yang banyak sesuai dengan keinginan dari peternak sehingga lebih efektif dari segi waktu maupun nilai ekonomisnya. 

Sementara Babinsa Rowokangkung Koramil 0821/16, Sertu Li Supriyadi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut juga menyatakan, sebagai Aparat Kewilayahan yang bertanggungjawab terhadap pembinaan masyarakat dengan potensi yang dimilikinya ia sangat mendukung dengan terobosan kegiatan tersebut.

"Suatu langkah efektif dengan adanya pelatihan yang diberikan kepada warga sehingga mereka dapat memiliki ilmu dan pengetahuan untuk bisa diterapkan dengan cara yang mudah dan menghemat waktu dalam pembuatannya," imbuh Sertu Supriyadi. 

"Muda-mudahan dengan adanya materi yang diberikan dapat terserap dengan maksimal guna meningkatkan usaha dari masyarakat yang terus berkembang untuk dapat meningkatkan perekonomian guna mewujudkan kesejahteraan bagi warga desa Rowokangkung," pungkasnya.

Sumber : Pendim 0821


Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.