Normalisasi Irigasi Induk Talang Punyak, Personel Koramil 0821/12 Jatiroto Karya Bakti Bersama

Suasana kompak tersirat saat karya bhakti berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Guna lebih memperlancar aliran air Saluran Irigasi Induk Talang Punyak yang berada di Dusun Krajan 2 Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto, bersama dengan Dinas Pengairan dan Poktan Taruna Tani serta perangkat Desa Banyuputih Kidul melaksanakan karya bakti bersama, Jumat (12/10/2018).

Pelaksanaan normalisasi ini dititikberatkan pada pembersihan saluran irigasi dari sampah dan rumput liar yang menghambat aliran air serta pengerukan dasar saluran untuk mengurangi endapan tanah.

Menurut Solikhin, petugas Dinas Pengairan bahwa saluran irigasi ini merupakan saluran utama bagi lahan pertanian yang berada di wilayah Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto.

“Pelaksanaan normalisasi saluran irigasi ini juga bertujuan untuk persiapan menghadapi musim penghujan karena saat hujan turun sering terjadi luapan air dari saluran irigasi ini yang dapat mengganggu aktifitas warga,” jelasnya.

Lebih lanjut Solikhin juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Koramil Jatiroto yang telah berperan aktif membantu dan memotivasi warga khususnya kelompok tani untuk turut serta dalam pelaksanaan normalisasi Saluran Irigasi Induk Talang Punyak.

“Ke depan diharapkan peran aktif warga untuk turut menjaga kelancaran aliran air di saluran irigasi ini sehingga dapat selalu memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian di sepanjang saluran serta tidak sampai terjadi lagi luapan air saat musim hujan,” harap Solikhin.

Sementara itu, Danramil 0821/12 Jatitoro Kapten Inf Sujiono di sela pelaksanaan kegiatan menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban anggota TNI yang bertugas di wilayah untuk selalu berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan di wilayah binaannya.

“Peran aktif anggota TNI di wilayah merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas pembinaan teritorial sekaligus sebagai wujud pelaksanaan tugas pendampingan terhadap pertanian di wilayah,” tuturnya.

Danramil juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian dan kelancaran aliran air di Saluran Irigasi Induk Talang Punyak ini agar dapat mendukung peningkatan hasil pertanian di wilayah kecamtan Jatiroto Khususnya Desa Banyuputih Kidul.

“Semoga dengan kerja sama yang baik antara TNI, aparat pemerintah dan masyarakat dapat mewujudkan Kecamatan Jatiroto yang lebuh sejahtera serta lebih memantapkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat,” pungkas Danramil.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.