Bersama Warga, Personel Koramil 0821/01 Lumajang Normalisasi Saluran Irigasi

Bersama Warga, Personel Koramil 0821/01 Lumajang Normalisasi Saluran Irigasi

Suara Satu News
Sabtu, 06 Oktober 2018

Nampak personil TNI berkerja bersama warga

Lumajang (suarasatunews.com)
Menunjang kelancaran sarana pengairan lahan bagi para petani, personel Koramil 0821/01 Lumajang melaksanakan karya bakti dalam rangka normalisasi saluran irigasi di Dusun Suko kelurahan Rogotrunan Kecamatan Mota Lumajang, Sabtu (6/10/2018).

Mewakili Danramil, Peltu M. Sifak Bati Tuud Koramil 0821/01 Lumajang mengatakan, kegiatan karya bakti bersama dengan para warga ini, sebagai upaya untuk menormalisasi saluran irigasi yang ada di wilayah, dengan mengadakan pengerukan pada dasar saluran yang saat ini sudah mengalami pendangkalan oleh lumpur.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, normalisasi yang dilakukan pada saat ini, sebagai wujud kepedulian terhadap para petani agar dapat meningkatkan produksi panen yang diharapkan meski cuaca saat ini sudah jarang turun hujan.

"Selain memberikan kelancaran terhadap sarana pengairan bagi para petani,  upaya ini juga sebagai persiapan dalam menghadapi musim hujan mendatang, kondisi saluran irigasi sudah dalam kondisi normal untuk dapat menampung air dan dapat berfungsi dengan maksimal," harapnya. 

Sementara Imam, Ketua HIPPA setempat juga menambahkan, saluran irigasi yang saat ini kita laksanakan normalisasi  merupakan sarana vital yang saat ini sangat dibutuhkan oleh para petani mengingat cuaca sangat panas dan jarang terjadi hujan sehingga saluran irigasi merupakan satu-satunya yang bisa digunakan, jelasnya. 

"Selain dapat memberikan manfaat bagi para petani di wilayah dusun Suko,  saluran irigasi ini juga memberikan manfaat bagi para warga petani di wilayah desa Boreng dan Blukon kecamatan Lumajang untuk mendistribusikan pengairan di area lahan persawahan mereka," tambah Imam.

"Semoga dengan normalisasi yang kita lakukan saat ini, dapat memberikan manfaat sebagai upaya untuk dapat meningkatkan produksi panen bagi masyarakat, guna mewujudkan kesejahteraannya dan program ketahanan pangan nasional yang sudah dicanangkan oleh pemerintah dapat tercapai sesuai dengan harapan," pungkasnya.

Sumber : Pendim 0821