Berikut Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT TNI ke 73 di Makodim 0821

Dandim ketika mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Lumajang ke tempat pameran alutsista

Lumajang (suarasatunews.com)
Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73 tahun 2018, Kodim 0821 menyelenggarakan acara syukuran, di halaman Makodim jl. Alun-alun Utara No. 09 Lumajang, Jumat (5/10/2018).

Selain syukuran, ditempat itu digelar pameran Alutsista, diantaranya SIMOKOS (Sarana Informasi Motor Komunikasi Sosial) Kodim 0821, juga persenjataan dari Yonif 527/BY dari jenis laras pendek sampai dengan laras panjang. Mulai jenis senjata  ringan sampai dengan senjata berat. 

Hadir dalam acara itu, jajaran Forkopimda beserta OPD kabupaten Lumajang, tokoh Ormas, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, pimpinan BUMN dan BUMD, Warakawuri serta anak yatim piatu yang ada di wilayah kabupaten Lumajang.

Sebelum pelaksanaan acara, rombongan Forkopimda Lumajang, Bupati dan Wakil Bupati serta unsur pejabat yang lain didampingi oleh Dandim 0821 Letkol Czi Agus Iskarman S.E, berkenan melihat secara langsung pameran Alutsista berupa jenis persenjataan dari berbagai ukuran dan varian, milik Yonif 527/BY.
  
Dalam sambutannya, Dandim 0821 membacakan amanat dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto S.I.P, bahwa sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun dimasa mendatang yang semakin kompleks.

"Perkembangan lolitik, ekonomi dan tehnologi global telah menciptakan ruang atau dimensi dan metode peperangan baru, telah membawa ketidakpastian dan kekhawatiran dalam menjangkau prospek masa depan," ucap Dandim membacakan amanat panglima TNI. 

"Selain menghadapi kompleksitas tantangan kedepan dengan menghadapi gejolak alam yang terjadi akhir-akhir ini, TNI sebagai satuan yang siaga dimasa damai, harus membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana yang terjadi diberbagai daerah dan wilayah di Indonesia," lanjut Dandim. 

"Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah, membantu pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut, pengamanan wilayah udara serta terlibat dalam pengamanan even-even strategis nasional maupun Internasional. Seperti Asian Games, Asian Para Games dan pengamanan sidang tahunan IMF World Bank di Bali," tukas Dandim dalam penutup amanat panglima TNI. 

Sementara Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, dalam sambutannya dihadapan para tamu yang hadir mengucapkan Dirgahayu TNI ke 73 tahun 2018, teriring ucapan terimakasih serta penghargaan atas pengabdian selama ini.

"Sudah sepatutnya momen ini kita jadikan wahana untuk merefleksi diri dan merevitalisasi pengabdian TNI ke depan secara kontekstual bagi kepentingan nasional terutama yang menyangkut empat hal yang penting yaitu pembangunan ekonomi nasional, memelihara kerukunan dan kesatuan bangsa, menyuseskan penyelenggaraan pemilu dan suksesi kepemimpinan nasional serta mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI," terang Bupati. 

Menurut Bupati, banyak anggota TNI yang ikut membantu di tingkat desa, baik itu dalam kerja bakti maupun yang lainnya.

"Persoalan yang saya hadapi kedepan terkait dengan kepemimpinan, kami akan meminta saran dan selalu berkoordinasi karena saat ini komunikasi saya dengan Forkopimda sudah saya rasakan sangat baik," imbuhnya.

Bupati juga menegaskan, bersama dengan dukungan rakyat dan TNI kabupaten Lumajang akan semakin siap dan mantap melaksanakan tugas dengan langkah antisipatif serta responsip.

"Dengan motto Profesionalisme TNI Untuk Rakyat akan menjadi acuan dalam membangun dan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat guna membangun masyarakat Lumajang yang lebih sejahtera," pungkas Bupati.

Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan, yang diberikan oleh Bupati Lumajang dan Dandim 0821 kepada anak yatim piatu sejumlah 20 orang.

Kemudian dirangkai dengan acara pemotongan tumpeng oleh Bupati lalu diberikan kepada Veteran Kapten (Purn) Bambang Susilo dan Prajurit tertua Mayor Inf Sukadi (MPP), serta penyerahan tropy kepada Kapten Inf Hasanudin Danramil 0821/08 Pasirian sebagai koramil teladan jajaran Kodim 0821.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.