Babinsa Oro oro Ombo Dukung Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana

Saat sosialisasi berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, Babinsa Oro oro Ombo Koramil 0821/14 Pronojiwo mendukung pelaksanaan kegiatan sosialisasi lengurangan resiko bencana yang diselenggarakan di balai Desa Oro oro Ombo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Minggu (7/10/2018).

Pelaksanaan sosialisasi ini diselenggarakan oleh BNPB Kabupaten Lumajang, sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah rawan bencana tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

Dalam sambutannya, Slamet kepala desa Oro oro Ombo mengatakan, bahwa wilayah Kecamatan Pronojiwo merupakan wilayah rawan bencana erupsi Gunung Semeru seperti lahar panas atau dingin, longsor, awan panas dan banjir.

"Sebagai kepala desa saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, diharapkan kegiatan sosialisasi tentang kebencanaan dapat sering dilakukan agar masyarakat mengerti dan memahami serta dapat mengambil langkah jika terjadi bencana," harapnya.

Sementara itu, Babinsa Oro oro Ombo Sertu Erwin Murtono juga menambahkan bahwa ke depan selain pelaksanaan sosialisasi, diharapkan juga dilaksanakan simulasi tanggap bencana sehingga masyarakat dapat lebih memahami yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

"Yang terpenting adalah bagaimana mengenali tanda-tanda terjadinya erupsi Gunung Semeru sehingga masyarakat dapat waspada dan siap menghadapinya," pungkas Sertu Erwin.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi kebencanaan oleh Suhariyono, S.Ap, petugas BNPB Kabipaten Lumajang yang menjelaskan tentang gejala-gejala erupsi gunung berapi, penanganan awal terjadinya erupsi dan langkah-langkah penanganan pengungsi.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.