Wujud Kepedulian Terhadap Masyarakat, babinsa Wotgalih Bantu Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Lansia

Suasana saat kegiatan berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Sebagai wujud kepadulian terhadap masyarakat, khususnya kepada masyarakat yang sudah lanjut usia, Babinsa Wotgalih Koramil 0821/11 Yosowilangun membantu pelaksanaan pemberian pelayanan kesehatan gratis bagi lansia yang dilaksanakan di Balai Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Senin (3/9/2018).

Hj. Ida Rahmawati, S.St. selaku bidan desa mengatakan bahwa kategori lansia adalah mereka yang sudah mencapai usia 60 tahun ke atas.

Lebih lanjut dijelaskan Ida, masyarakat yang masuk dalam lansia terbagi menjadi beberapa kategori yaitu pra lansia (45 – 49 tahun), lansia muda (60 – 69 tahun), lansia madya (70 – 79 tahun) dan lansia tua (80 – 89 tahun).

Menurutnya, peningkatan pelayanan kesehatan kepada lansia ini sangat perlu untuk dilakukan secara rutin mengingat pada usia tersebut kondisi kesehatan sering menurun dengan ditandai oleh beberapa fungsi fisik antara lain penurunan kemampuan panca indra, penurunan fungsi organ tubuh serta penurunan kemampuan motorik seperti kekuatan dan kecapatan tubuh.

Sementara itu Lestari, kepala desa setempat juga menambahkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis terhadap masyarakat Desa Wotgalih yang sudah masuk dalam kategori lansia ini merupakan suatu bentuk perhatian dari pemerintah desa kepada para lansia.

“Diharapkan dengan pelayanan kesehatan ini, masyarakat Desa Wotgalih yang telah masuk dalam kategori lansia selalu terjaga kesehatannya sehingga mereka tetap dapat berkarya dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya,” harap kades.

Di lain pihak, Babinsa Wotgalih Koramil 0821/11 Yosowilangun Pelda Guntur Rudi Purwanto dalam kesempatan tersebut mengatakan, sudah menjadi kewajiban sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah untuk berperan aktif mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

“Masyarakat yang masuk dalam kategori lansia patut kita perhatikan, hal ini merupakan wujud perhatian dan penghargaan bagi mereka di masa hari tuanya,” pungkas Pelda Guntur.

Sambutan baik dan apresiasi serta antusias dari masyarakat khususnya lansia sangat terlihat saat pelaksanaan kegiatan.

Seperti yang diungkapkan Sawati (71) warga Dusun Krajan RT 07 RW 02 Desa Wotgalih, bahwa dirinya sangat mendukung dan berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan khusus bagi para lansia ini.

Dirinya berharap agar pelaksanaan kegiatan seperti ini tidak hanya sekali dilaksanakan sehingga para lansia seperti dirinya selalu dapat memeriksakan kondisi kesehatannya.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.