Tingkatkan Pertanian, Koramil 0821/14 Pronojiwo Dukung Pencanangan Desa Organik

Suasana kebersamaan tersirat saat semua berkumpul dalam acara

Lumajang (suarasatunews.com)
Sebagai salah satu wujud pendampingan TNI terhadap pelaksanaan peningkatan pertanian di wilayah, Koramil 0821/14 Pronojiwo mendukung dan mengapresiasi pencanangan Desa Organik yang bertempat di Dusun Sumberurang Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Kamis Kemarin (6/9/2018).

Pelaksanaan pencanangan yang dilaksanakan di rumah Kepala Desa Sidomulyo tersebut dihadiri oleh Teknisi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, jajaran Muspika Pronojiwo, Kepala Desa Sidomulyo bersama staf serta kelompok tani dan petani mandiri Desa Sidomulyo.

Dalam sambutannya, Ir. Muhammad Hasan Petugas Teknisi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa yang dimaksud dengan desa organik ini adalah desa yang didalamnya dikembangkan komoditas pertanian yang menerapkan sistem pertanian organik sesuai Standar Nasional Indonesia yang merupakan penerapan dari Peraturan Menteri Pertanian nomor 19/Permentan/HK.140/4/2015.

“Desa Organik sendiri dibentuk dengan tujuan menerapkan budidaya perkebunan yang ramah lingkungan dengan pemenuhan input usaha tani mandiri yang akan menghasilkan komoditas perkebunan yang berkualitas dan aman dikonsumsi oleh masyarakat,” jelasnya.

“Diharapkan dengan dicanangkannya Desa Sidomulyo sebagai Desa Organik petani dapat lebih meningatkan hasil pertaniannya sehingga dapat mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik untuk mendukung peningkatan kedaulatan pangan,” harap Ir. Hasan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Danramil 0821/14 Pronojiwo Kapten Czi I Ketut Sudiartha, bahwa Desa Organik merupakan program dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas pertanian dan memajukan perekonomian masyarakat.

“Mari bersama kita dukung dan sukseskan setiap program yang telah dicanangkan pemerintah khususnya dalam bidang pertanian demi terwujudnya perekonomian yang mandiri dengan hasil komoditas yang berkualitas untuk mencapai tujuan peningkatan kedaulatan pangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ajak Danramil.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.