Lestarikan Tradisi, Koramil 0821/02 Sukodono Dukung Pelaksanaan Grebeg Suro

Warga nampak antusias dalam acara grebeg suro

Lumajang (suarasatunews.com)
Guna mendukung dan melestarikan budaya yang ada di masyarakat, Personel Koramil 0821/02 Sukodono ikut berperan aktif dalam kegiatan Grebeg Suro yang dilaksanakan di Lapangan Desa Klanting Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Selasa Kemarin (11/9/2018).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh jajaran Muspika Sukodono, ADM Perhutani, perangkat desa serta seluruh masyarakat Desa Klanting berlangsung sangat meriah.

Menurut Kepala Desa Klanting Sri Purwanti, kegiatan grebeg suro merupakan kali pertama dilaksanakan di Desa Klanting ini dan akan diagendakan untuk menjadi acara rutin tahunan.

“Sebelum pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu dilaksanakan ziarah ke makam Mbah Singo Joyo yang oleh masyarakat dianggap sesepuh babad alas Desa Klanting,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan kepala desa bahwa prosesi grebeg suro diawali dengan arak-arakan gunungan berisi nasi, sayur dan lauk pauk untuk sedekah desa dari balai desa menuju lapangan Desa Klanting.

“Pelaksanaan kegiatan ini sebagai ungkapan syukur kehadirat Allah SWT.  Semoga Desa Klanting selalu aman, damai dan masyarakat pun lebih meningkat kesejahteraannya,” harap Kades.

Di lain pihak Bati Tuud Koramil 0821/02 Sukodono Pelda Agus Fajar pamungkas yang hadir mewakili Danramil mengatakan bahwa peran aktif personel TNI dalam kegiatan kemasyarakatan seperti ini di samping untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban serta kelancaran kegiatan ini merupakan sarana komsos untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Diharapkan ke depan masyarakat Desa Klanting meningkat kesejahteraannya, dan hubungan silaturahmi antara perangkat desa, masyarakat, serta TNI menjadi lebih erat demi terwujudnya kemanunggalan yang mantap antara TNI dengan rakyat,” pungkasnya singkat.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.