Pelajar SMA di Lumajang Terpilih Sebagai Delegasi SMN di Palembang

Dari kiri : Khoirul Imam Wahyudi, lalu yang tengah Naisatul Nilam


Lumajang (suarasatunews.com)
Khoirul Imam Wahyudi siswa asal SMAN 1 Lumajang terpilih menjadi delegasi, untuk mewakili Kabupaten Lumajang sekaligus Provinsi Jawa Timur dalam Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Palembang Sumatera Selatan.

Sebelumnya, Khoirul Imam Wahyudi maju bersama Naisatul Nilam siswi asal SMKN 2 Lumajang. Namun langkahnya terhenti pada tahap seleksi.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ini, diinisiasi oleh kementrian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh pelajar tingkat SMA dan Sederajat terpilih dari setiap provinsi. 

SMN bertujuan, untuk menanamkan rasa bangga bagi generasi penerus bangsa, sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, pemahaman nyata terhadap keragaman kekayaan nusantara melalui proses pertukaran informasi dan pengalaman, sekaligus sebagai peran nyata Kementrian BUMN dalam turut serta membangun kapasitas nasional (Nasional Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa.

Sebelum terbang ke Palembang, Irul dan Nilam harus melewati beberapa tahap seleksi di Surabaya selama 2 hari. 

Diantaranya adalah seleksi menulis essai tentang alasan dan latar belakang mengikuti SMN dan tes  wawancara mengenai wawasan terhadap nusantara dan pengetahuan mengenai BUMN yang ada di Indonesia. 

Tak disangka, setelah melalui tahap seleksi yang lumayan panjang dan tak mudah itu, Irul berhasil lolos dan masuk dalam peserta yang terdiri dari 42 kabupaten dan kota, 38 siswa SMA/K, 2 siswa disabilitas dan 2 guru berprestasi untuk berangkat ke Palembang selama 7 hari terhitung sejak 13 hingga 20 Agustus 2018 kemarin.  

“Tentunya sangat bahagia sekali bisa terpilih dan ikut dalam program SMN ini, dari sana saya menjadi paham arti sebuah kebhinekaan. Kita berbeda budaya, bahasa, adat tapi itu bukan suatu penghalang . Kita tetap satu tujuannya yaitu untuk bersama menjaga budaya yang ada di Nusantara,” ujar Khoirul

Ia juga berharap program SMN ini tetap ada. Karena menurutnya sangat bermanfaat untuk mengetahui nusantara lebih jauh, dan bisa mengenal budaya satu dengan yang lain, sehingga nantinya dapat bersama-sama menjaga budaya nusantara.



Oleh : Ananda Kenyo (Siswi SMK Muhammadiyah Lumajang)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.