Asah Kemampuan Anggota Saka Wira Kartika, Personel TNI Koramil 0821/07 Randuagung Gencarkan Rutinitas Pembinaan

Saat pembinaan berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Untuk membekali ketrampilan pada anggota Saka Wira Kartika dibawah binaannya, personel TNI Koramil 0821/07 Randuagung Lumajang rutin memberikan pembinaan yang dilaksanakan setiap seminggu sekali.

Kegiatan yang dilaksanakan di area kebun karet wilayah Dusun Kalijeruk Desa Kalipenggung Kecamatan Randuagung inu, diikuti oleh 25 orang anggota Saka Wira Kartika dengan materi ketrampilan Longmalap (Pertolongan Pertama di Lapangan) dan mountenering yang diberikan oleh personel Koramil 0821/07 Randuagung. 

Pelda Agus Hariyanyo, ketua Tim Pembina dari Koramil 0821/07 Randuagung mengatakan, pembinaan yang dilakukan bagi anggota Saka Wira Kartika dilakukan secara rutin seminggu sekali.

"Kita lakukan pelatihan kepada mereka dengan memberikan beberapa materi dasar ketrampilan Prajurit," ujarnya.

Materi Longmalap yang diberikan, kata Pelda Agus bertujuan untuk membekali ketrampilan lapangan dan diharapkan bisa diterapkan dan diaplikasikan dalam kondisi darurat, termasuk tempat yang tidak dapat ditangani secara cepat oleh petugas medis.

"Sehingga mampu memberikan pertolongan secara mamdiri kepada diri sendiri maupun kepada orang lain sebagai tindakan awal untuk menolong korban," terang Pelda Agus. 

Lebih lanjut ia juga menuturkan, materi mountenering bertujuan untuk membekali ketrampilan tentang cara melewati medan ketinggian, dengan tehnik dan cara-cara yang benar sehingga akan menjamin keselamatan selama berada dilokasi yang ditempati. 

"Selain ketrampilan dasar keprajuritan yang dapat diterima, mereka juga dibekali dengan pembinaan karakter dan kepribadian yang kuat guna mencetak mental serta semangat juang yang tinggi. Agar tidak cepat menyerah saat menghadapi tantangan untuk selalu berjuang meraih harapan yang tinggi," pungkas Pelda Agus.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.