TNI Koramil 0821/01 Lumajang Libatkan Seluruh Elemen Masyarakat Bersihkan Kali Babakan Bendo

Suasana saat penbersihan kali berlangsung 

Lumajang (suarasatunews.com)
Guna mewujudkan lingkungan sungai yang bersih dari kotoran dan sampah, personel TNJ Koramil 0821/01 Lumajang bersama dengan komponen masyarakat yang ada di wilayah desa Boreng kecamatan / kabupaten Lumajang, bersatu padu bahu membahu membersihkan sampah yang ada disepanjang sungai tersebut, Minggu (26/8/2018).

Selain melibatkan lapisan masyarakat, kegiatan ini juga dihadiri para pejabat pemerintah desa setempat beserta unsur tiga pilar, BPBD kabupaten Lumajang dan organisasi pemuda dari karang taruna serta para pelajar dari Madrasah Aliyah dari desa Blukon Lumang dan tak ketinggalan para mahasiswa dari kampus Universitas Widyagama Lumajang yang sedang melaksanakan KKN di wilayah desa tersebut.

Foto bersama usai kegiatan 

Peltu M. Sifak Bati Tuud Koramil 0821/01 Lumajang yang mewakili Danramil Kapten Inf Ainur Rofiq S.H mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan, terutama ekosistem kali Babakan Bendo yang perlu dilakukan upaya pembersihan agar aliran air terbebas dari sampah dan kotoran yang  dapat mencemari sekaligus menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran air.

"Ini sangat penting dilakukan, tujuannya untuk menjaga kelestarian ekosistem sungai. Juga memberikan banyak manfaat juga bisa menyebabkan terjadi musibah banjir bagi warga yang tinggal disepanjang bantaran sungai, selain sampah penyebab terhambatnya aliran air adalah ranting pohon bambu, dan semuanya perlu kita bersihkan agar bisa menormalisasi jalannya air," jelas Peltu Sifak. 

Sementara Ahmad Zaenuri, kepala desa Boreng yang juga hadir ditengah kegiatan mengungkapkan, kerja bakti masal yang melibatkan seluruh komponen dan lapisan masyarakat yang ada, merupakan sebagai bukti warga desa boreng memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kali Babakan Bendo yang melintasi wilayah ini. 

"Kita semua berharap dengan adanya lingkungan kali yang bersih, desa Boreng menjadi destinasi wisata air karena sebetulnya kali Babakan Bendo mempunyai potensi tersebut seperti yang dimiliki oleh wilayah lainnya," harap Zaenuri. 

"Terimakasih kepada semua pihak terutama para Mahasiswi KKN dari Universitas Widyagama Lumajang yang sudah memberikan peran atas terselenggaranya kegiatan, begitu juga kepada personel Koramil Lumajang yang memberikan motivasi bagi para warga untuk menggerakkan terhadap kepedulian lingkungan. Semoga dengan sinergi bersama yang semakin solid dapat mewujudkan berbagai program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat," pungkas kades.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.