SCS SMAGA Lumajang, Berkunjung Ke 'Padhepokan Songgo Wijoyo' Jember

Foto bersama sesusai acara kunjungan berlangsung

Lumajang (suarasatunews.com)
Study Club Sejarah SMA Negeri 3 Lumajang (SCS SMAGA) melakukan kunjungan ke R.Ng. Eyang Waris Yono BA, di Dusun Gondosari Desa Taman Sari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, Sabtu (25/8/2018).

R. Ng Eyang Waris Yono, merupakan pengasuh dari Padhepokan Songgo Wijoyo.

Joni, pembina SCS SMAGA berkata, kegiatan ini dilakukan selain momen peringatan HUT kemerdekaan RI ke 73, juga bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme di kalangan pelajar. 

Kegiatan ini juga diikuti oleh salah satu organisasi nasional di Lumajang, yakni Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) cabang Lumajang. Ada 20 orang berangkat dengan mengendarai sepeda motor. Kendati lokasinya jauh dari Lumajang, mereka tetap semangat dan antusias dalam kegiatan tersebut.

"Selain dari SCS SMAGA, kegiatan ini juga diikuti oleh GSNI Lumajang," kata Joni. 

Kegiatan ini dinilai cukup menarik. Karena di padhepokan tersebut, para generasi penerus bangsa banyak mendapatkan ilmu terkait perjuangan pahlawan nasional.

Salah satunya Supriyadi. Ia merupakan salah satu sosok yang tergabung dalam Pembela Tanah Air (PETA) di Blitar yang konon katanya dikabarkan menghilang saat ditangkap oleh tentara Jepang.

"Dalam kegiatan ini, kami bisa menimbah ilmu tentang perjuangan Supriyadi di Blitar," papar Aji Nuswantoro, pembina GSNI Lumajang

Dalam memberikan nasihatnya kepada generasi penerus bangsa, R.Ng. Eyang Waris Yono, BA mengatakan, bahwa generasi muda harusnya menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan masyarakat. 

Dan juga dia mengutip perkataan Bung Karno, "JAS MERAH" jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Selain itu, dia juga mengatakan "Mens sana in corpore sano" yang berarti dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Penulis : M. Dandy Kris Indrawan

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.