Dukung Kesehatan Masyarakat, Babinsa Tempeh Lor Koramil 0821/10 Sukseskan Program ORI

Serda Basori saar berada dilokasi kegiatan 

Lumajang (suarasatunews) 
Program ORI (Outbreak Response Immunization) yang kedua dilaksanakan di beberapa titik lokasi wilayah kabupaten Lumajang mulai digelar di sejumlah wilayah diantaranya di Desa Tempeh lor kecamatan Tempeh, Senin (13/8/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan didusun Tulusrejo dihadiri oleh Bidan Desa bersama para petugas medis dari Puskesmas, Babinsa Tempeh Lor Koramil 0821/10 Tempeh, kader Gerbangmas Siaga Sekar Arum dan warga masyarakat terutama para kaum ibu yang membawa para anak-anaknya.

Serda Basori Babinsa setempat mengatakan, Pelaksanaan Program ORI saat ini sebagai lanjutan dari Program sebelumnya yang merupakan tahap 2 setelah tahap pertama dilakukan pada bulan Januari 2018 sehingga secara keseluruhan nantinya ada 3 kali pelaksanaan.

"Upaya yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan menghimbau kepada para orang tua yang memiliki putra dan putri berusia antara 1 tahun sampai kurang dari 19 tahun yang belum mendapatkan vaksin di putaran pertama ORI Difteri tidak perlu khawatir, segera melaporkan ke petugas kesehatan untuk mendapatkan ORI pertama," jelasnya.

Sementara Lina selaku Bidan desa menambahkan, pada putaran kedua antusiasme warga yang datang ke Posyandu untuk melakukan imunisasi anaknya sudah mulai ada peningkatan dari sebelumnya, anak-anakpun sudah merasa tidak ketakutan seperti pada tahap awal saat diberikan imunisasi.

"Pemberian vaksin ORI Difteri sendiri bertujuan agar membentuk kekebalan tubuh anak dari bakteri corynebacterium diphteriae karena penyakit difteri sangat berbahaya, mudah menyebar dari pasien yang sakit melalui percikan ludah, dan kontak kulit sehingga setiap anak diwajibkan untuk melakukan vaksin difteri dan melakukan ORI serta melakukan imunisasi lengkap untuk menghindari penyakit difteri,” terang Lina.

Lebih lanjut ia menambahkan, semua kegiatan yang dilaksanakan dengan hasil maksimal ini tidak terlepas dari bantuan dari berbagai pihak yang turut berpartisipasi dalam penyelenggaraannya, terimakasih kepada Babinsa dan kader Gerbangmas Siaga Sekar Arum yang selama ini sudah banyak memberikan peran pendampingan sehingga kegiatan ini berjalan cukup lancar.

"Kedepan kita semua berharap agar sinergi bersama yang sudah terjalin dengan baik dapat meningkatkan program-program pemerintah demi kesejahteraan masyarakat khususnya dibidang kesehatan," pungkasnya.

Sumber : PENDIM 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.