Dandim 0821 Lumajang Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan

Dandim saat memimpin jalannya apel dan perenungan

Lumajang (suarasatunews.com)
Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 tahun 2018 Republik Indonesia Forkopimda Kabupaten Lumajang telah melaksanakan upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) kusuma Bangsa di Jalan Ahmad Yani kelurahan Kepuharjo Lumajang, Jumat dini(17/8/2018).
  
Bertindak selaku irup, Komandan Kodim 0821 Letkol Czi Agus Iskarman, S.E, Perwira upacara dijabat oleh Kapten Inf Hambali Danramil 0821/18 Tempursari dan Komandan Upacara Lettu Inf Sukri dari Yonif 527/BY dengan peserta upacara diantaranya satu SSK gabungan dari Kodim 0821, Yonif 527/BY dan Polres Lumajang serta 2 Pleton PNS Pemkab Lumang, satu pleton Pelajar Pramuka dari SMKN 1 Lumajang dan satu pleton gabungan pelajar SMA pembawa lilin. 

Pada kesempatan terebut Komandan Kodim 0821 Letkol Czi Agus Iskarman,  S.E selaku irup membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci, dilanjutkan mengheningkan cipta, penyalaan obor, dan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan serta ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. 

Adapun arwah para pahlawan yang bersemayam di TMP Kusuma Bangsa sampai 17 Agustus Th 2018 jumlah 416 orang dengan rincian, TNI/Polri 315 orang, Pegawai Sipil 11 orang, Pejuang Rakyat 15 orang dan Pahlawan tidak dikenal 75 orang.

Usai kegiatan upacara apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) Letkol Agus mengungkapkan, bahwa 

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam setiap rangkaian peringatan HUT RI yang diselenggarakan setiap tahun yang yang memiliki makna Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan/pejuang yang sudah mengorbankan seluruh jiwa dan raganya demi sebuah kemerdekaan dan sebagai sarana pelestarian nilai kepahlawanan bagi generasi penerus bangsa," ujar Dandim secara singkat.

Sumber : Pendim 0821

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.