TNI Dan Rakyat, Dua Sisi Yang Tak Bisa Dipisahkan


Pelda Rohim personel Staf Teritorial Kodim 0821 saat bersama Sujito dengan suasana canda 

Lumajang (suarasatunews) 
Program TNI manunggal Membangun Desa (TMMD)  ke 102 tahun 2018 di wilayah kabupaten Lumajang merupakan bukti bahwa TNI dan Rakyat bagaian dari dua sisi yang tak bisa dipisahkan, tergambar dari suatu realita  yang ada, Kedekatan, keakraban dan kebersamaan diantara keduanya telah memadukan berbagai program pembangunan yang diwujudkan secara bersama-sama.

Pelda Rohim personel Staf Teritorial Kodim 0821, sebagai anggota staf yang membidangi program TMMD terlihat begitu akrab dengan  Sujito (42) warga rt. 04 rw. 11 dusun Tulungrejo desa Pasrujambe kecamatan pasrujambe kabupaten Lumajang saat melakukan pengecekan fisik dari rumah yang telah direnovasi sebelumnya.

Keduanya bagai kenal sudah lama, padahal cuma beberapa hari saling kenal, namun keakraban seperti terjalin lama diantara keduanya, obrolan diwarnai dengan saling berceloteh dan diiringi canda tawa yang renyah.

Sujito sendiri menuturkan, sejak keberadaan Satgas TMMD di wilayahnya, ia merasa senang, "semua bapak-bapak TNI disini hampir setiap hari bertemu dan mengajak ngobrol bersama sehingga semua warga merasa senang karena keramahan yang sudah ditunjukkan kepada seluruh masyarakat disini", ujarnya.

Sementara saat ditemui dilokasi Pelda Rohim mengatakan, bahwa setiap prajurit TNI harus mewujudkan sikapnya terhadap masyarakat melalui 8 Wajib TNI dimanapun bertugas sehingga keberadaan prajut ditengah lingkungan warga akan dapat diterima.

"Bersikap Ramah Tamah Terhadap Rakyat" merupakan butir 8 Wajib TNI yang harus selalu dijadikan pedoman dalam menggalang komunikasi dengan masyarakat sehingga menjadi kunci sukses dalam melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah", terangnya.

Lebih lanjut ia juga menambahkan, amalkan "3 S"   dengan selalu Senyum, Salam dan Sapa sehingga masyarakat akan merasa bersimpati dengan sikap dan perilaku Prajurit yang bisa dijadikan pelopor ditengah masyarakat, pungkas Pelda Rohim.

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.