Satgas TMMD Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

Suasana saat kegiatan berlangsung

Lumajang (suarasatunews) 
Tidak hanya pembangunan infrasturktur dan pembangunan karakter masyarakat saja yang menjadi sasaran TMMD 102 Kodim 0821yang bertempat di Desa Pasrujambe ini. Satgas TMMD juga mengajak masyarakat desa untuk selalu melestarikan lingkungan sekitar agar selalu tampak asri dan indah.

Melalui kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di Balai Desa Pasrujambe yang diikuti oleh tokoh masyarakat Desa Pasrujambe, Satgas TMMD 102 memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan yang disampaikan langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Selasa (17/7/2018).

Dalam penyampaian materinya, Agus Bambang D.P., S.P., Kasi Peran Serta Masyarakat mengatakan bahwa kelestarian alam patut kita jaga agar selalu sehat dan tidak sakit.

"Yang dimaksud sakit ini adalah kerusakan alam sebagai akibat dari ulah manusia sendiri, antara lain dikarenakan adanya ilegal loging, pembuangan sampah sembarangan, banyaknya industri dan pembangunan infrasruktur yang tidak memperhatikan kondisi dan keseimbangan alam," jelasnya.

"Secara alami, untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan alam, banyaknya air hujan yang kembali masuk ke dalam tanah seharusnya sebesar 60% dari curah hujan yang ada, untuk itu lerlu disiasati agar penyerapan air hujan dapat maksimal," tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Agus, penyerapan maksimal tersebut dapat dilakukan dengan cara pembuatan lubang biopori di tempat-tempat yang sering terjadi genangan air, penghijaun, pengolahan sampah dengan metode 3R serta mendaur ulang sampah.

"Mari bersama kita jaga kelestarian alam sekitar kita, agar selalu dapat memberikan manfaat yang lama sampai anak cucu kita," Ajak Agus di akhir penyampaian materinya.(TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.