Potensi Wisata Gunung Lemongan dan Ranu Lading Siap Dikembangkan Melalui Pokdarwis



Wisata Alami Ranu Lading Di Kaki Gunung Lemongan, Solusi Berlibur Suasana Rindang, Damai, Asri, Alami dan Aman
Foto : Ranu Lading (sumber google/Webma.com)

Lumajang (suarastunews) 
Warga Desa Papringan Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang melibatkan jajaran Forkopimka setempat, LMDH dan Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang kukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di aula Kecamatan setempat, Kamis (26/7/2018).

Pengukuhan Pokdarwis ini dikatakan oleh Yuli Susanti didasari oleh potensi wisata yang ada didesanya akan berdampak baik jika benar - benar dikelola dengan trampil dan tepat sasaran. 

"Nama Pokdarwis yang dibentuk kali ini mengambil nama Pokdarwis Sekar Lemongan. Nama itu sesuai dengan letak goegrafisnya yang berada tepat di kaki Gunung Lemongan," kata dia yang juga berperan sebagai ketua Pokdarwis.  

"Kita akan fokus pada lokasi wisata Ranu Lading, sumber mata air dan wisata pendakian Gunung Lemongan," imbuhnya. 

Masih kata Yuli, Kades dan Kapolsek setempat sebelumnya sudah diajak berkoordinasi dengan Perhutani dan LMDH untuk ikut serta bekerja sama guna mengembangkan wisata dan ikut serta melindungi hutan dan menggerakkan penghijauan dilingkungan Gunung Lemongan.

"Kami mendapati respon baik, oleh karenanya kami sesegera mungkin membentuk Pokdarwis dan mengukuhkannya hari ini dengan harapan bisa menambah incom bagi masyarakat Desa Papringan sendiri," ucap Yuli.

Ranu Lading menurut Yuli memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan atau pengunjung karena obyek wisata ini berada ditengah - tengah perkebunan kopi peninggalan Belanda. Selain itu, Ranu Lading ini juga memiliki pemandangan yang alami, terlebih diatas ranu terdapat rumah peninggalan Belanda dan loji yang masih terawat dengan baik.

"Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari dalam dan luar daerah," ujar Yuli dengan mimik yakin. 

Ada tiga titik, disebut oleh Yuli diantaranya Gunung Lemongan, Sumber mata air dan Ranu Lading yang akan diprioritaskan berkembang. Kata dia Pehutani dalam hal ini siap mendukung untuk bekerja sama mengembangkan wisata di area lahan Perhutani.

Disisi lain, Kapolsek Klakah AKP Dodik Suwarno yang juga saat itu turut mengisi acara, pihaknya memberikan penegasan pada anggota Pokdarwis yang dibentuk agar sedianya mengoptimalkan tempat ( posko keamanan ) yang telah didirikan jauh sebelumnya. 

"Kami menghimbau kepada anggota Pokdarwis yang sudah dibentuk, pertama agar menjadi tuan rumah yang baik. Dan posko keamanan yang telah ada itu agar digunakan seoptimal mungkin terhadap segala sesuatu kegiatan tiap harinya. Salah satunya menregister pendaki, catat. Jangan sampai naiknya misal sepuluh lalu yang turun delapan, yang dua kemana. Intinya ciptakan rasa aman dan nyaman," tutur Kapolsek.
Foto bersama saat pengukuhan usai

Hadir juga dalam acara pengukuhan itu BPJS ketenaga kerjaan bagi anggota Pokdarwis yang dikukuhkan saat itu.(TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.