Petani Pasrujambe Juga Mendapatkan Wawasan Pertanian Dari Program TMMD 102

Suasana saat penyuluhan berlangsung

Lumajang (suarasatunews) 
Puluhan warga masyarakat yang tergabung dalam berbagai kelompok tani di desa Pasrujambe kecamatan Pasrujambe kabupaten Lumajang memenuhi tenda posko Kotis TMMD 102 kodim 0821 yang berada di dusun Jabon, Rabu, (25/7/2018)

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa staf dari Dinas Pertanian kabupaten Lumajang beserta para penyuluh lapangan sebagai pendamping petani digelar dengan acara yang sederhana, hanya beralaskan karpet namun program tersebut sangat mengena dan memberikan manfaat bagi para petani.

Kepada para petani Zainul Hadi Sukamto,  S.P Penyuluh BPP kecamatan Pasrujambe selaku pemateri kegiatan kepada para petani memberikan arahan, bahwa dalam melaksanakan menegement pertanian harus memperhatikan pola yang harus dijadikan pedoman diantaranya adalah,  rencana, sistem tanam dan pengendalian terhadap serangan hama dan penyakit secara terpadu,  ujarnya.

Menurutnya, melalui Gerakan Pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) Holtikultura para petani diarahkan tentang cara menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman pisang yang merupakan jenis komoditi andalan di wilayah desa Pasrujambe sehingga gejala penyakit yang menyerang dapat dideteksi secara dini, terang Hadi.

Diharapkan dengan upaya pembinaan yang sudah dilakukan dengan berbagai sarana praktek aplikasi lapangan nantinya dapat terserap oleh para petani sehingga mereka bisa meningkatkan mutu dan kualitas buah pisang yang diharapkan, pungkas Hadi.(TIM)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.