Peduli Kesehatan Masyarakat, Koramil 0821/16 Rowokangkung Dampingi Ori Difteri

Personil TNI saat mendampingi seorang anak yang diperiksa


Lumajang (suarasatunews) 
Guna mendukung program pemerintah di bidang kesehatan dalam menanggulangi penyakit difteri, Koramil 0821/16 Rowokangkung membantu dan mendukung kegiatan imunisasi difteri Gelombang II yang dilaksanakan di Posyandu Seruni Dusun Pondok Kobong Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung, Rabu (04/07/2018). 


Pelda M. Sukadi selaku Bati Komsos Koramil 0821/16 Rowokangkung disela kegiatan mengatakan bahwa  kegiatan imunisasi ini dalam rangka mencegah penyebaran penyakit Difteri di masyarakat. 

"Kegiatan ini merupakan program lanjutan dari Kementrian Kesehatan dan Pemkab Lumajang untuk mencegah wabah difteri agar tidak berkembang di wilayah Kabupaten Lumajang," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Pelda M. Sukadi, Pemerintah telah mencanangkan program Outbrake Respons Imunizatition (ORI) Difteri diberbagai daerah seiring munculnya penyakit difteri yang terjadi belakangan ini di beberapa wilayah di Indonesia.

“Untuk itu dihimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta segera memeriksakan dan mengkonsultasikan diri ke puskesmas maupun ke rumah sakit terdekat apabila merasa tidak sehat dan mengalami gejala tenggorokan sulit untuk menelan serta sulit bernafas,” himbau Pelda Sukadi.

Sementara itu Kepala Puskesmas Rowokangkung, Gim Tatik Sugiarti juga menjelaskan Difteri merupakan infeksi bakteri yang menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan juga kulit, difteri sangat menular dan berpotensi mengancam jiwa.

“Guna menanggulangi meluasnya wabah difteri jangan sampai mengancam jiwa masyarakat, pemerintah melakukan usaha maksimal dengan pemberian vaksinasi difteri sampai ke desa secara langsung," lanjutnya.

"Bersama TNI dan instansi terkait serta pemerintah desa, kami mempunyai kewajiban dalam mensukseskan program ORI Difteri Gel II ini, kesehatan warga adalah modal utama dalam kehidupan, dari tubuh yang sehat akan terlahir jiwa yang sehat pula, Jiwa dan raga yang sehat adalah kunci tercapainya masyarakat madani yang sejahtera," pungkasnya. (TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.