Dukung Program TMMD 102, Dinas Perikanan Lumajang Tebar Benih Ikan Di Kali Letek

Suasana saat serah terima benih ikan

Lumajang (suarasatunews) 
Sebagai bentuk dukungan dari instansi terkait yang ada diwilayah kabupaten Lumajang terhadap pelaksanaan program TMMD ke 102 tahun 2018 di desa Pasrujambe kecamatan Pasrujambe, Dinas Perikanan memberikan bantuan bibit ikan Nila yang ditebar di kali Letek dusun Jabon, Jumat  (20/7/2018).

Arif Muksin, S.P Kasi pengelolaan Sumber daya perikanan bidang Tangkap Dinas perikanan kabupaten  Lumajang yang berada dilokasi kegiatan tersebut mengatakan.

"Program bantuan tabur bibit ikan Nila sebanyak 30.000 ekor yang ada di kali Letek dusun Jabon merupakan  rangkain dari program TMMD ke 102 sebagai bentuk partisipasi dan dukungan  dinas terkait dijajaran Pemkab Lumajang untuk menyukseskan program tersebut, "ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa tujuan dari program tabur benih ini bertujuan sebagai Restocking untuk menjaga ekosistem lingkungan sungai agar populasi ikan yang ada disungai tersebut memiliki ketersediaan yang melimpah di masa mendatang", terang Arif.

Menurutnya, selain menjaga ekosistem sungai tetap stabil,  penebaran benih ini juga bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan untuk konsumsi, diperkirakan 6 bulan kedepan bibit yang ditebar siap untuk dinikmati oleh masyarakat.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh warga untuk berperan serta menciptakan lingkungan sungai yang bebas dari pencemaran dan tidak menangkap ikan dengan upaya-upaya yang dapat merusak ekosistem seperti penggunaan potas dan sejenisnya maupun menggunakan strum sehingga populasi ikan tidak mengalami kepunahan.

"Semoga lingkungan sungai tetap lestari dan populasi ikan yang ada didalamnya bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk dijadikan konsumsi pangan," harap Arif.(TIM)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.