Isi Kegiatan Ekstra Kurikuler, Siswa SDN 03 Yosowilangun Lor Serbu SIMOKOS.

Sumber : Pendim 0821 Lumajang


Lumajang (suarasatunews) 
Kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah memasuki liburan menjelang datangnya hari raya Idul fitri 1439 H, namun tidak demikian dengan Siswa SDN 03 Yosowilangun Lor kecamatan Yosowilangun kabupaten Lumajang yang tetap masuk untuk mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan pihak sekolah yang dibarengi juga dengan SIMOKOS (Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosia) yang dioperatori oleh Babinsa setempat, Selasa (12/6/2018).

Sertu Nanang Asiyamto Babinsa Yosowilangun Lor Koramil 0821/11 Yosowilangun Lor mengatakan, Simokos merupakan sarana untuk membuat siswa lebih gemar membaca buku, baik yang bersifat sebagai buku cerita atau sejarah dan ilmu pengetahuan lainnya sehingga dapat lebih menambah pengetahuan dan wawasan yang ada didalamnya.

Dalam kesempatan tersebut Sertu Nanang juga menyisipkan materi wasbang (wawasan kebangsaan) dengan memberikan materi “Bhineka Tunggal Ika“ kepada seluruh siswa yang hadir, ia mengatakan, bahwa bangsa Indonesia terdiri dari suku, agama, ras dan budaya, namun semua itu tidak menjadikan mereka menjadi terpecah, justru sebaliknya perbedaan dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa.

Dikisahkan oleh Sertu Nanang kepada para siswa, bahwa Kemerdekaan yang sudah diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil perjuangan seluruh rakyat dari Sabang sampai Merauke yang memiliki satu tujuan yang sama dengan semangat persatuan dan kesatuan yakni kemerdekan.

"Maknanya Kemerdekaan yang sudah diraih oleh para pejuang harus dapat kita pertahankan sampai kapanpun, mempertahankan merupakan upaya yang lebih berat dari pada meraihnya, untuk itu generasi sekarang harus lebih aktif mengisinya dengan semangat untuk belajar, gemar dan rajin membaca agar semua ilmu bisa diserap untuk mengantar cita-cita nantinya," pungkasnya.

Sementara Suparmi, S. Pd selaku Kepala Sekolah SDN 03 Yosowilangun Lor menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Babinsa yang sudah berperan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa sehingga menjadi terpacu untuk lebih meningkatkan lagi terhadap gerakan gemar membaca. 

"Kepada para siswa Suparmi juga mengajak untuk senantiasa gemar membaca sehingga dengan membaca pengetahuan dan wawasan serta ilmu secara tidak langsung akan semakin bertambah, pikiran bertambah cerdas dan daya tanggap akan semakin terlatih serta terasah menjadi lebih semakin tajam dan peka," pungkasnya.(TIM)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.