Himbau Persalinan Aman, Babinsa Jenggrong Koramil 0821/06 Ranuyoso Dampingi Sosialisasi.

Suasana saat berlangsungnya kegiatan


Lumajang (suarasatunews) 
Guna meminimalisasi kerugian jiwa ditengah masyarakat akibat persalinan yang tidak sesuai dengan aturan dan anjuran yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, Puskesmas Ranuyoso bersama dengan Babinsa Jenggrong Koramil 0821/06 Ranuyoso mengelar sosialisasi kepada warga masyarakat dusun Baka desa Jenggrong kecamatan Ranuyoso kabupaten Lumajang tentang pentingnya medis sebagai persalinan, bertempat dirumah Sanidun Salah satu warga setempat, kegiatan sosialisasi cara persalinan yang aman secara medis ini dilakukan, Selasa (5/6/2018).

dr. Sukma Bayu Atmaja Kepala Puskesmas Ranuyoso mengatakan, bahwa kegiatan ini penting sekali dilaksanakan kepada masyarakat, mengingat sampai saat ini sebagaian masyarakat kita yang masih belum menyadari tentang pentingnya persalinan dengan menggunakan medis dan masih meyakini dukun bayi sebagai penolong dalam persalinannya.

"Persalinan yang aman adalah dengan menggunakan bantuan tenaga medis, baik bidan maupun dokter,  saat ini sarana untuk melahirkan bagi ibu juga sudah tidak terlalu sulit untuk mencari bantuan medis,  desa pelosok sekalipun sudah ada bidan yang menangani hal ini," terangnya. 

"Sesuai dengan aturan yang sudah ada,  dukun bayi tidak diperkenankan lagi untuk menangani persalinan, dan jika ini dilanggar tentu sanksi hukumnya sudah ada,  walau demikian dukun bayi tetap menjadi mitra dari bidan maupun dokter yang tugasnya melakukan perawatan bayi pasca persalinan, papar dr. Sukma. 

Hal yang sama juga disampaikan Serka Sahi Purnomo Babinsa setempat, masih ada sebagaian warga yang masih menggunakan tenaga dukun bayi saat persalinan dengan berbagai alasan terutama ditempat terpencil, budaya dan kebiasaan lama masih menjadi adat yang susah untuk dilepaskan.

"Hal inilah tugas kita untuk meluruskan agar budaya lama supaya ditinggalkan", tutur Serka Sahi. 

Kepada warga masyarakat Serka Sahi mengharapkan sekaligus juga menghimbau, demi keselamatan dan keamanan pada saat persalinan alangkah baiknya kepada bidan atau dokter saja serta jangan pernah meminta persalinan pada dukun bayi guna meminimalkan resiko yang dialami  ibu dan bayinya.(TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.