Peduli Lingkungan, Babinsa Dawuhan Wetan Lumajang Laksakan Karya Bakti Bersama Warga.

Suasana saat karya bhakti berlangsung
Sumber dok. Pendim 0821 Lumajang


Lumajang (suarasatunews) 
Kelestarian lingkungan hendaknya selalu dijaga dan dirawat agar selalu dapat memberikan manfaat kepada kita. Seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Dawuhan Wetan Koramil 0821/16 Rowokangkung Lumajang dengan melaksanakan karya bakti bersama warga desa membersihkan saluran irigasi tersier yang berada di Dusun Kedungkangkung Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Senin (14/5/2018). 

Babinsa Dawuhan Wetan Koptu Anto Budi Hartotok disela kegiatan mengatakan bahwa pelaksanaan karya bakti pembersihan saluran irigasi tersier ini di samping sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan juga bertujuan untuk memperlancar aliran air ke lahan pertanian warga.

“Dengan saluran air yang bersih, tidak ada sampah maupun tanaman yang menghambat aliran air maka ekosistem alam akan terjaga dan aliran air akan menjadi lancar sehingga akan dapat memenuhi kebutuhan lahan pertanian warga,” tuturnya.

"Mari kita jaga kelestarian lingkungan agar selalu memberikan manfaat sampai kepada anak cucu kita, seperti saluran air ini apabila aliran airnya lancar maka petani tidak mengalami kendala dalam mengairi lahan pertaniannya sehingga produksi pertanian dapat meningkat,” tambah Koptu Anto.


Sementara itu Mursid Rasam selaku Ketua RW setempat mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih atas peran aktif babinsa dalam membantu memberikan pengertian dan pemahaman kepada warga akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta peran aktifnya membantu pelaksanaan pembersihan saluran irigasi tersier ini. 

“Aliran air di saluran ini sering terhambat karena sampah dan tanaman liar yang ada di tepi saluran sehingga menyebabkan terhambatnya aliran air menuju ke lahan pertanian warga,” tambahnya.

“Diharapkan dengan dilaksanakanya kerja bakti pembersihan saluran air ini bisa meminimalisir permasalahan aliran air menuju ke lahan pertanian warga dan dapat memotivasi petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya.,” pungkas Mursid.(TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.