Menyimak Indahnya Panorama Alam Ranu Klakah Lumajang

Ranu Klakah dengan latar belakang gunung lamongan




Lumajang (suarasatunews) 
Salah satu danau di lereng gunung lamongan, dikenal dengan nama ranu klakah tepatnya di desa Tegal randu Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. 

Ranu ini merupakan salah satu dari segi tiga ranu yang berada di lereng gunung lamongan tersebut. 

Memiliki panorama alam yang memukau indah dan sejuk dipandang. Begitulah kiasan yang terpancar ketika berada ditepian ranu Klakah sembari menatap gunung lamongan dengan ketinggian lebih dari 1500 MDPL.

Budi daya ikan oleh warga sekitar, menjadi ciri khas tersendiri di ranu ini. Selain itu, menebar jala guna menangkap ikan juga menjadi aktifitas warga sebagai mujud upaya memperoleh penghasilan. 

"Yang menjaring dengan jala itu nanti ikannya dijual pak. Biasanya setelah menepi didatangi orang dan ikannya ditawar. Kalau jadi nanti numpang timbangan. Sekilonya biasanya Rp. 20rb," kata Marwi warga setempat. 
Warga saat menjala ikan


Dengan kata lain, selain menjadi tempat wisata dengan sarana dan prasarana wisata air yang sudah tersedia, danau yang luasnya berkisar 22 hektar dengan kedalaman mencapai 28nan meter ini, juga menjadi sumber mata pencaharian warga. 

Tak sedikit warga menurut Marwi tergolong nekat demi menyambung hidup, dimana saat cuaca cerah, meski tengah malam warga mendayuh perahu bambunya ketengah ranu guna menangkap ikan. 

"Tengah malampun ada, naik perahu bambu. Disini dikenal dengan getek. Tak jadi halangan untuk menangkap ikan untuk kemudian dijual," tukasnya. 

Selebihnya Marwi berkata, seyogyanya kita bersama menjaga kealamian ranu ini agar senantiasa bisa kita terus manfaatkan baik dari sisi pencaharian maupun pemasukan daerah disaat wisatawan yang datang merasakan nyaman. (manaf) 

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.