Mantapkan Kesiapan Dalam menghadapi Tugas, Personel Koramil 0821/15 Tekung Berikan Pembinaan Linmas.

Suasana saat kegiatan berlangsung
Sumber dok. Pendim 0821 Lumajang

Lumajang (suarasatunews) 
Menjelang bergulirnya pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2018 di wilayah Kabupaten Lumajang, berbagai kesiapan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut telah dilakukan oleh komponen pemerintahan. Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Forpimka Kecamatan Tekung dengan digelarnya pelatihan di aula Kecamatan kepada seluruh perwakilan anggota Satlinmas yang berada di wilayahnya, Kamis (17/5/2018).

Pemberian materi latihan kepada anggota Satlinmas tersebut meliputi teori singkat dan praktek lapangan Peraturan Baris Berbaris (PBB), serta pembekalan penguatan ideologi Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar serta lambang negara yang dikemas dalam materi Wawasan kebangsaan (Wasbang) oleh personel Koramil 0821/15 Tekung.

Sertu Suyanto, salah satu Personel dari Koramil 0821/15 Tekung yang menjadi instruktur sekaligus penyaji materi wawasan kebangsaan meyampaikan, bahwa Pancasila dan UUD 1945 merupakan dasar dan lambang negara yang harus dijadikan sebagai landasan dalam membangun mental maupun spriritual bangsa dan rakyat Indonesia.

"Banyak dikalangan bangsa saat ini yang sudah kurang memahami arti dan makna yang terkandung didalam Pancasila dan UUD 1945, banyak dikalangan para pelajar bahkan setingkat mahasiswa yang tidak hafal dengan isi dari sila Pancasila, hal ini menjadi sangat ironis, bagaimana dapat memahami kemudian mengamalkan isi dari sila Pancasila jika hafal saja tidak, hal inilah yang perlu menjadi bahan renungan kita semua," terangnya.

Ia juga menambahkan, jika hal ini dibiarkan berlarut, bukan tidak mungkin potensi ancaman akan muncul setiap saat, karena semangat dan jiwa persatuan serta kesatuan sudah mulai terpecah yang tidak mencerminkan jiwa berazaskan Pancasila dan UUD 1945 sehingga mudah untuk dikendalikan dan dikuasai oleh sekelompok atau golongan tertentu yang berusaha mencari celah untuk menguasai bangsa Indonesia.
 
"Dengan adanya pemahaman yang sudah mulai memudar, melalui kegiatan wasbang ini Sertu Suyanto ingin mengajak dan menggugah kembali kepada seluruh peserta untuk dapat mengingat dan menyegarkan kembali pemahaman tentang Pancasila dan UUD 1945 untuk dijiwai dalam kehidupan sehari-hari sebagai suatu tekad menyatukan kembali semangat patriotisme dan nasionalisme yang semakin memudar dengan berlandaskan jiwa kebersamaan, pesatuan dan kesatuan guna membangun bersama menjadi masyarakat adil dan sejahtera," pungkasnya.(TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.