Jaga Kamtibmas Wilayah, Babinsa Klampokarum Koramil Tekun Bersama Warga Adakan Poskamling.

Babinsa Klampokarum Lumajang saat bersama warga dalam pelaksanaan siskamling


Lumajang (suarasatunews) 
Sebagai Upaya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat, Babinsa Klampokarum Lumajang bersama warga masyarakat Dusun Darungan Desa setempat secara sukarela menggelar pengamanan Desa yang dikemas dalam kegiatan siskamling, Jumat dini hari (25/5/2018).

Sertu Suyanto Babinsa Klampokarum Koramil 0821/15 Tekung mengatakan, bahwa kegiatan siskamling bersama dengan warga masyarakat ini sebagai upaya menciptakan kondusi yang terkendali, aman dan nyaman sehingga masyarakat merasa tenang dalam melakukan aktifitas.

"Siskamling ini memiliki peran yang sangat penting bagi lingkungan masyarakat, dengan adanya siskamling suatu daerah sudah membuat suatu pagar sistim antisipasi, artinya dengan keberadaan masyarakat yang sedang melaksanakan jaga siskamling akan membuat pelaku tindak kejahatan berpikir panjang untuk melaksanakan niatan tersebut," terang sertu Suyanto.

“ Yang paling perlu dijadikan sebagai pedoman ialah, bahwa tugas tanggung jawab menjaga keamanan adalah menjadi tanggung jawab semua komponen dan elemen masyarakat, tidak tertumpu kepada aparat keamanan saja, namun semua memiliki peran aktif untuk turut menciptakan kepedulian secara bersama mewujudkan suatu wilayah yang aman dan kondusif sertater kendali," jelasnya.

Sertu Suyanto juga menambahkan, menghadapi tahun politik banyak celah dan peluang yang dipergunakan oleh kelompok atau perorangan untuk mengadakan aksi kriminalitas, dengan demikian berbagai tanggapan akan muncul dengan mengaitkan prdiksi yang belum bisa diyakini kebenarannnya yang dapat memecah konflik ditengah masyarakat. 

"Dan hal inilah yang harus benar-benar diantisipasi untuk tidak terjadi," harapnya.

Sementara Akbar Saseno, Kasun Darungan juga menambahkan, dengan siskamling tentunya juga sebagai sarana untuk komunikasi dan silaturahmi antara sesama warga dilingkungan, mungkin warga yang jarang bertemu pada siang hari karena aktifitas masing-masing, sehingga pada malam harinya bisa saling bertemu dan bertukar informasi atau pengalaman lainnya.

Ia juga mengharapkan dan menghimbau kepada seluruh warganya untuk selalu peduli dan memiliki kesadaran dalam menciptakan keamanan  ditengah lingkungan secara bersama.

"Tumbuhkan kekompakan dan tumbuhkan persatuan dan kesatuan antara warga sehingga menjadi suatu ikatan yang solid, bahwa keamanan merupakan kebutuhan bersama dan tanggungjawab bersama," pungkasnya.(TIM

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.