Atasi Gangrep, Babinsa Nogosari Bantu Berikan Vaksinasi

Saat giat pemberian vaksin berlangsung
Sumber dok. Pendim 0821 Lumajang

lumajang (suarasatunews) 
Sebagai upaya untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan produktifitas ternak sapi guna menunjang ketersediaannya produksi daging lokal, Babinsa Nogosari Koramil 0821/16 Rowokangkung membantu pelaksanaan pemberian vaksinasi kepada ternak sapi yang ada di Dusun Darungan Desa Nogosari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Minggu (27/5/2018).

Di sela kegiatan tersebut, Sigit petugas vaksin Upt BPP Rowokangkung menjelaskan bahwa pemberian vaksin ini bertujuan untuk memaksimalkan produksi ternak sapi dan meminimalisir gangguan reproduksi (Gangrep) yang sering menyerang.

"Upaya ini dilakukan dengan menurunkan langsung petugas ke lapangan agar dapat mendeteksi secara dini penyakit hang menyerang ternak sapi sehingga dapat memberikan penanganan langsung pada saat itu juga," tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Gangreb sendiri merupakan istilah penyakit ternak yang disebabkan oleh sejenis virus yang dapat mengakibatkan gangguan proses reproduksi ternak, hal ini ditandai dengan rendahnya fertilitas indukan dan apabila dibiarkan akan mengakibatkan penurunan angka kebuntingan dan jumlah kelahiran pedet.

Sigit juga berharap, dengan pelaksanaan kegiatan ini ternak sapi yang ada di Desa Nogosari sehat sehingga dapat menghasilkan keturunan yang sehat dan populasinya dapat meningkat  demi mendukung ketersediaan pasokan daging nasional.

Sementara itu Babinsa Nogosari Serda Joko Narimo juga mengatakan bahwa peran aktif babinsa dalam pelaksanaan kegiatan ini sebagai apresiasi pelaksanaan tugas pokok TNI yaitu membantu dan mendukung setiap program pemerintah daerah sebagai upaya penjngkatan kesejahteraan masyarakat.

"Keberhasilan pelaksanaan program yang telah ditetapkan tidak akan tercapai tanpa ada bantuan dan dukungan dari semua pihak, untuk itu diharapkan peran aktif semua lapisan masyarakat agar setiap program yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai dengan harapan," lanjutnya.

"Semoga dengan pemberian vaksin ini, kesehatan ternak di wilayah dapat terjaga sehingga dapat menyokong ketersediaan daging nasional serta menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkas Serda Joko Narimo (TIM)

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.