TNI Koramil 0821/19 Sumbersuko Lumajang Andil Dalam Pembersihan Sungai

Suasaa saat pembersihan sungai berlangsung



Lumajang (suarasatunews) 
Personel Koramil 0821/19 Sumbersuko Lumajang, turut berperan aktif dalam pembersihan sungai balem di dusun krajan RT 13 RW 05 desa Labruk Kidul kecamatan Sumbersuko kabupaten Lumajang, Kamis (26/04/2018).

Danramil 0821/19 Sumbersuko Kapten Arh Bambang Suwedi mengatakan, bahwa peran aktif anggota Koramil Sumbersuko dalam kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat khususnya terhadap lingkungan.

“Kita akan selalu siap membantu dan mensukseskan setiap program pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat  serta upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan agar selalu dapat memberikan manfaat sampai anak cucu kita kelak,” tegasnya.

Lebih lanjut Danramil menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar, salah satunya dengan tidak membuang sampah di sembarang tembat terlebih ke sungai karena sungai merupakan ekosistem hayati yang besar manfaatnya bagi makhluk hidup. 

“Dengan terjaganya kelestarian sungai, diharapkan juga dapat meningkatkan debit air yang dialirkan sehingga dapat menunjang peningkatan hasil pertanian di wilayah Desa Labruk Kidul demi terwujudnya swasembada pangan yang saat ini tengah diupayakan oleh pemerintah,” pungkas Danramil.
Turun kesungai berkarya bhakti bersama warga, itu yang dilakukan TNI koramil Sumbersuko Lumajang

Di sela kegiatan, Moch. Hanip petugas Dinas PU  Pengairan mengatakan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini untuk menjaga dan memelihara aliran air agar tetap lancar.

“Sasaran kegiatan kali ini dititik beratkan pada pembersihan sampah yang menyumbat serta pengerukan kembali saluran Sungai Balem dari timbunan tanah dan lumpur yang dapat mengurangi debit air yang dialirkan oleh sungai ini akibat dari pendangkalan,” tambahnya.

“Dengan lancarnya aliran air, diharapkan dapat menunjang kelestarian lingkungan hayati  sungai serta dapat menunjang ketersediaan kebutuhan air bagi para petani yang lahan pertaniannya dilalui aliran Sungai Balem ini,” harap Moch. Hanip.

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.