Sesama Pengurus UMKM Jangan Saling Menjatuhkan.


Sekda Lumajang saat berikan penyematan pada pelaku UMKM. 


Lumajang (suarasatunews)                        
Sekda Kabupaten Lumajang Drs. Gawat Sudarmanto ingatkan para pengurus Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak saling menjatuhkan. 
Hal itu, ia sampaikannya saat membuka acara uji kompetensi UMKM Kewirausahaan di Panti PKK Kabupaten Lumajang, Senin (30/04/18).

Sekda menyampaikan bahwa inti dari acara ini adalah sertifikasi. 

"Jangan menganggap remeh sertifikasi. Mungkin sekarang tidak terlalu penting, begitu usaha sudah mulai berjalan lalu butuh dana besar, setelah itu perlu menyapa bank Jatim, BNI dan Bank lainnya, karena memegang sertifikasi.  Ini merupakan poin tertentu," ujarnya. 

"Untuk itu apabila ada program sertifikasi harus diikuti," imbuh sekda. 

Ia berharap sesama UMKM harus menjalin kebersamaan serta guyub rukun.

Ketua asosiasi UMKM Provinsi Jatim Dedy Pras Winarto menyampaikan bahwa asosiasi UMKM merupakan suatu perkumpulan atau organisasi yang berbadan hukum sehingga organisasi ini merupakan organisasi yang resmi, beranggotakan pelaku dan pengusaha UMKM yang ada di seluruh Provinsi Jawa Timur. Kata dia, UMKM mempunyai  misi menjadi jejaring atau wadah usaha yang solid berkomitmen dan amanah.

Ia menjelaskan dalam sebuah oraganisasi di inginkan agar pola berfikir harus mandiri dan tidak bergantung kepada pihak manapun.  

"Mandiri dengan arti agar ekonominya bisa berkembang serta bisa memotivasi sendiri, serta Nilai Komitmen dengan arti dapat dipercaya dan tanggung jawab. Nilai komitmen ini lah yang bisa mengetahui pengusaha sukses atau tidaknya, bahwa setiap keluarga - keluarga asosiasi UMKM harus mempunyai komitmen yang tinggi, dan bertujuan menuju kesejahteraan Ekonomi dalam suatu anggota, ketiga adalah Nilai berkah yaitu meminta ridho dari Allah serta menuju kesejahteraan, tentram dan nyaman," tuturny.

Dalam kesempatan tersebut ketua asosiasi UMKM Prov. Jatim melantik 5 orang asosiasi UMKM pengurus daerah kabupaten Lumajang.

Ketua Panitia penyelenggara Wasis Sujatmiko melaporkan, bahwa peserta yang mengikuti uji Kompetensi UMKM Bidang Kewirausahaan Kabuaten Lumajang terdiri dari, UMKM yang ada di Kabupaten Lumajang dan paguyuban kopi, Paguyuban Roti, Paguyuban batik dll, serta total tercatat 104 peserta. 

Ia berkeinginan agar acara ini bisa terselengara dengan lancara sehingga semua peserta mendapat manfaat dari acara ini, ketua panitia juga mengucapkan terimakasi kepada Sekda Kab. Lumajang karena sudah mensuport acara tersebut.(end) 

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.