Kegiatan Wasbang Di Unilu, Kapten Inf Ainur Rofiq Paparkan Fungsi Dasar TNI.

Kapten Inf Ainur Rofiq saat menyampaikan materinya


Lumajang (suarasatunews) Jajaran TNI Koramil 01 Lumajang, dibawah naungan Kodim 0821 menggandeng sejumlah kalangan unifersitas berikut lembaga kemasyarakatan diwilayahnya, adakan giat wawasan kebangsaan kepemimpinan dan bela negara dies natalis unversitas Lumajang ke 36 dan kuliah umum di aula unilu, Senin malam (16/4).

Danramil 0821/01 Lumajang Kapten Inf Ainur Rofiq S.H yang juga menjadi moderator mengatakan, tema dies natalis kali ini yaitu loka karya kepemimpinan.

Sempat terlontar tanya jawab soal pembatasan ruang gerak TNI saat ini.

Dijelaskan oleh Kapten Inf Ainur Rofiq, setelah tahun 1998 TNI/ABRI meninggalkan Dwi Fungsi ABRI, serta tidak berpolitik praktis dan mempunyai fungsi pertahanan sesuai dengan UU TNI No 34 Th 2004, khususnya pasal 7 ayat 2 ttg OMP dan ayat 3 tentang OMSP salah satu adalah memberdayakan wilayah Han dan kekuatan pendukung secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintahan di daerah.

"Jadi kami disini inten pada pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintah yang bersifat kerakyatan," kata dia.

Masih menurut Ainur Rofiq, bahwa di lingkungan TNI tidak ada perbedaan antara pria dan wanita dalam hal kepemimpinan. Hal ini terbukti diwujudkan di dalam tubuh TNI sudah dibuka Taruni Akademi militer sejak tahun 2013 untuk mencetak pemimpin wanita dan terbukti saat ini jabatan dandim di jabat kowad.

Disisi lain, Rektor Unilu Dr. M. Hariadi Romadhon dalam sambutannya berharap, agar peserta seminar bisa menyimak dan memahami materi serta berguna bagi mahasiswa khususnya serta masyarakat pada umumnya dan hasil seminar ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Foto bersama pasca kegiatan wasbang usai


Terpantau oleh media ini, sekira 100 orang hadir dalam kegiatan ini diantaranya rektor unilu, ketua lsm GANN, para dosen unilu dan sejumlah mahasiswa dari fakultas pertanian, hukum dan ilmu administrasi.

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.