Tingkatkan Hasil Pertanian, Babinsa Tempeh Kidul Ajak Gapoktan Segawe Perlancar Irigasi.

Suasana saat kegiatan berlangsung

LUMAJANG (suarasatunews)
Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil pertanian Kelompok Tani Segawe yang berada di Dusun Ngebruk Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Babinsa Tempeh Kidul mengajak anggota Poktan Segawe untuk memperlancar saluran air, Senin (05/02/2018).

Di sela kegiatan Serda Akhmad Sawur, Babinsa Tempeh Kidul mengatakan bahwa pentingnya kelancaran air dalam setiap kegiatan pertanian.

“Kegiatan memperlancar saluran air ini dilaksanakan dengan jalan memperdalam saluran air serta membersihkan saluran air dari sampah dan rumput yang menghambat aliran air,” tambahnya.

“Sebagai pendamping pertanian, kita akan berupaya untuk membantu petani dalam meningkatkan hasil pertanian agar swasembada pangan nasional khususnya di wilayah Kabupaten Lumajang dapat terwujud sesuai dengan hasil yang diharapkan,” tegas Serda Sawur.

Di lain pihak, Ketua Kelompok Tani Segawe, Parman menjelaskan bahwa saluran air ang dikerjakan ini sepanjang 300 meter dan mengairi lahan pertanian seluas 15 hektar.

“Saluran air ini memang perlu untuk diperdalam dan dibersihkan lagi karena saat musim hujan saluran ini tidak dapat menampung debit air yang melaluinya, hal ini dikarenakan saluran air ini telah mengalami pendangkalan dan banyak sampah dan rumput liar yang menghambat aliran air,” tambahnya.

“Semoga dengan dilaksanakannya pengerukan dan pembersihan saluran air ini dapat menunjang petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya sehingga dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan program swasembada pangan nasional,” pungkas Parman.

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.