TINGKATKAN HASIL PANEN, BABINSA DAWUHAN WETAN BANTU BASMI HAMA TIKUS.

Suasana kompak saat TNI dan warga basmi hama dilahan pertanian


LUMAJANG
(suarasatunews)
Pada musim tanam tahun ini hama tikus merupakan musuh utama para petani.  Untuk menanggulangi hal tersebut, Babinsa Dawuhan Wetan bersama dengan PPL dan kelompok tani Margo Rukun dan Margo Joyo 1 melaksanakan gropyokan agar penyebaran hama tikus dapat diminimalisir, Kamis (01/02/2018).

Menurut Nasir, PPL Desa Dawuhan Wetan mengatakan cara gropyokan ini di anggap efektif untuk mengusir hama tikus yang meresahkan petani, Selain itu, dengan gropyokan secara tidak langsung menumbuhkan semangat gotong royong diantara petani.

“Sebelum pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu kami sosialisasikan cara pelaksanaan gropyokan dengan menggunakan pentungan,” lanjutnya.

“Pelaksanaan gropyokan ini sebagai upaya untuk mengurangi serangan tikus dan sebaiknya dilaksanakan baik pada masa awal tanam dan masa menjelang panen,” tutur Nasir.

Senada dengan yang disampaikan PPL, Koptu Anto Budi Hartotok juga menyampaikan selain sebagai upaya untuk menanggulangi hama tikus, gropyokan ini juga berguna untuk menumbuhkan dan melestarikan budaya gotong royong di antara petani.

“Sebagai pendamping bagi para petani, TNI siap membantu upaya peningkatan hasil pertanian agar swasembada pangan nasional dapat segera terwujud sesuai dengan harapan,” tambahnya.

”Semoga apa yang kami lakukan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal, sehingga hama tikus dapat ditekan dan hasil panen dapat meningkat serta program ketahanan pangan Kecamatan Rowokangkung khususnya dan Kabupaten Lumajang umumnya  sukses sesuai dengan harapan,” pungkas Koptu Anto.

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.