Pilkada 2018, Sanksi Tegas Jika TNI Tidak Netral

 Komandan Komando Distrik Militer 0821 Lumajang, Letkol Czi Agus Iskarman, S.E




LUMAJANG
(Berita Kabar Terkini)



Netralitas TNI dalam dunia perpolitikan, tertuang dalam amanah pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai dengan UU RI no 34 tahun 2004. Tentang TNI adalah, bahwa pengertian netral itu tidak berpihak, tidak ikut - ikutan atau tidak membantu salah satu pihak.


Hal itu ditegaskan oleh Komandan Komando Distrik Militer 0821 Lumajang Jawa Timur Letnan Kolonel Czi Agus Iskarman S.E, saat dikonfirmasi dikantornya oleh sejumlah awak media, Kamis (11/1).


"Dari ari awal kita punya komitment, bahwa TNI termasuk POLRI akan melaksanakan netral. Netral itu sesuai dengan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai dengan UU RI no 34 tahun 2004, tentang TNI adalah, bahwa pengertian netral itu tidak berpihak, tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak," tegasnya.


"Sedangkan netralitas itu sendiri adalah, TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis," imbuhnya.


Masih kata Dandim, dengan dasar itulah, TNI tidak ikut - ikutan dalam kampanye apalagi memfasilitasi karena itu jelas dilarang.


Kendati demikian, sebagai aparatur negara yang turut bertanggung jawab akan keamanan diwilayahnya, dibalik netralitas itu sendiri ia mengaku bersama dengan jajaran lain, POLRI dan Pemerintah sudah duduk bersama dalam konteks tiga pilar untuk mendeteksi peta politik didaerah. sembari membahas solusi pemecahan masalah yang kemungkinan yang akan timbul.


Guna memastikan TNI netral dan tidak andil dalam politik. Dadim 0821 Lumajang membekali setiap anggotanya buku saku. Yang isinya merupakan pedoman netralitas TNI dalam pemilu dan pilkada.


"Setiap saat kami ingatkan, memang istri TNI masih memilih, tapi karena suaminya masih berstatus anggota TNI aktif maka dia tidak boleh berperan dalam suatu golongan politik. Kecuali nanti suami sudah pensiun (purna tugas) jangankan mendukung, mencalonkan diripun ya tidak ada masalah," tukas Dandim.


Terkait netralitas TNI, Dandim menegaskan jika ada anggota yang sudah diperingatkan dan tidak mengindahkan, maka jelas sanksinya tegas.

"Nanti secara kemiliteran akan diterapkan sanksi tegas," pungkas Dandim.

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.