ATASI LONGSOR, PERSONIL KODIM 0821 DAN BPBD LUMAJANG BERSAMA WARGA BERSIHKAN JALAN.

Situasi saat pembersihan material longsor yang menutup sebagian akses jalan


LUMAJANG
(berita kabar terkini) 



Hujan deras yang terjadi mengakibatkan tanah longsor di Dusun Kamarkajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang tepatnya di  daerah Piket Nol jalur Lumang - Malang KM 57,7, mengakibatkan akses jalan tertutup sebagaian yang menyebabkan arus lalu lintas menjadi terganggu, Minggu (21/01/2018)



Personil gabungan yang terdiri TNI dalam hal ini Kodim 0821 Lumajang dan Koramil 0821/09 Candipuro yang  dibantu dengan  personil BPBD kabupaten Lumajang, personil Polsek Candipuro dan warga masyarakat diturunkan kelokasi untuk membersihkan material longsoran dari jalan dan mengurai kemacetan arus lalulintas.

Menurut  Danramil 0821/09 Candipuro, Kapten Inf Sujono yang berada dilokasi kejadian mengatakan, pada hari Sabtu malam tanggal 20 Januari 2018 sekitar pukul 19.00 WIB wilayah kecamatan Candipuro telah diguyur hujan dengan intensitas sedang dalam jangka waktu yang lama sehingga  longsor yang terjadi diduga akibat air hujan yang  mengikis permukaan tebing menyebabkan tanah menjadi labil sehingga terjadi longsor pada hari Minggu (21/01/2018) pukul 07.30 WIB. 


"Akibat longsor tersebut tebing sepanjang 18 m dengan lebar 4 m menutup setengah akses jalan, sehingga arus lalulintas hanya bisa dilewati dengan sistem buka tutup satu arah saja. Kami perintahkan personil untuk  segera kelokasi, dengan dibantu warga setempat dan menggunakan alat seadanya kita upayakan menyingkirkan material longsoran acara manual sambil menunggu alat berat datang," kata Danramil.

"Kepada warga masyarakat juga diharapkan segera memberikan informasi untuk melaporkan kejadian tanah longsor maupun yang lainnya,
 setiap saat kepada Koramil Candipuro maupun instansi terkait lainnya agar secepatnya diambil langkah dan tindakan awal sebagai upaya preventif serta cegah dini," pungkas Danramil. 

Sementara Perwira Seksi Operasi Kodim 0821 Lumajang Kapten Arh Siswoto selaku koordinator pengerahan personil mengatakan, adanya laporan tanah longsor tersebut pihaknya langsung mengerahkan personil Kodim 0821.

"Sesuai petunjuk dan perintah dari Dandim agar segera mengambil langkah dan tindakan serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membersihkan material yang menutup separuh jalan tersebut," jelasnya.

"Dengan adanya upaya bersama yang dilakukan dan bantuan dari alat berat yang berapa dilokasi, pada pukul 16.15 WIB akses jalan dapat terbuka dengan lancar dan arus lalulintas kembali normal. Dihimbau kepada masyarakat pengguna jalan jalur Lumajang - Malang untuk selalu berhati-hati dan waspada khususnya jika melintas didaerah dusun Kamarkajang karena pada saat terjadi hujan wilayah tersebut rawan terjadi tanah longsor," pungkas Pasi Ops.

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.