Cegah Genangan Air di Jalan, Koramil Kunir Lumajang Bersihkan Parit Bersama Warga



Suasana saat pembersihan parit pinggiran jalan.



LUMAJANG
(Kabar Kita)


Musim hujan yang sudah mulai turun beberapa pekan telah mengakibatkan beberapa dampak dan kerugian diantaranya banjir dan tanah longsor, menyikapi hal tersebut personil dusun Gogosan RT 16 RW 08 desa Sukorejo kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang mengadakan gotong royong membersihkan selokan, Jumat (8/12).
Menurut Kapten Inf Sudirman selaku Danramil 0821/13 Kunir, bahwa kegiatan karya bhakti dengan bergotong royong bersama ini merupakan upaya untuk mencegah melubernya air ke jalan, bahkan kalau intensitas hujan sangat tinggi dapat menyebabkan banjir yang menggenangi pemukiman warga di dusun Gogosan.
"Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat, Koramil Kunir akan selalu berupaya membantu untuk meringankan beban terhadap segala bentuk kesulitan dan kendala yang dihadapi oleh warga di wilayah kecamatan kunir, menghadapi musim hujan yang saat ini sudah mulai turun pihak Koramil dan jajaran Forkopimka Kecamatan Kunir menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu waspada dan tanggap terhadap adanya kerawanan bencana," jelas Kapten Sudirman.
Menunutnya, sebagai fungsi Komando Kewilyahan yang ada di daerah dalam hal ini Koramil, tentunya harus berperan aktif dalam berbagai bidang pembangunan sebagai upaya mendukung dan membantu pemerintah daerah dengan mengadakan pembinaan teritorial secara menyeluruh, diantaranya dengan mengadakan karya bhakti bersama dengan warga sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat agar tetap eksis dan semakin solid.
Sementara Hariyono selaku kepala desa Sukorejo mengatakan, kegiatan yang dimotori oleh Koramil Kunir ini merupakan bentuk kepedulian dan antisipasi dampak meluapnya air ke jalan akibat selokan tidak mampu menampung debit air jika intensitas curah hujan tinggi, pada tahun lalu genangan air dari selokan ini menyebabkan banjir dan menggenangi pemukiman warga dusun Gogosan.
"Menyikapi hal tersebut pihaknya bersama warga dan anggota Koramil kunir akan berupaya membersihkan selokan terutama dari sampah yang menyumbat menyebabkan aliran air menjadi tidak lancar dan membersihkan endapan lumpur yang ada di dalamnya sehingga selokan tidak mengalami pendangkalan," terangnya.
Diharapkan setelah selokan dibersihkan Kepada warga tidak membuang sampah ditempat tersebut sehingga selokan menjadi bersih dan dapat meminimalisir terjadinya banjir.
"Kepada anggota Koramil Kunir disampaikan terimakasih atas partisipasi dan dukungan serta bantuannya sehingga atas kehadirannya menumbuhkan motivasi dan semangat bagi para warga, semoga kedepan kebersamaan antara TNI dan rakyat akan semakin bertambah erat guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera," pungkas Hariyono.

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah sesuai tema tulisan dengan tetap beretika dan satun. Jika komentar anda melanggar UU ITE, adalah diluar tanggung jawab kami.

Diberdayakan oleh Blogger.